Trinity, Bukti GERMAS di Sorsel


Bupati Sorong Selatan melakukan serangkaian kegiatan dalam rangka HUT Kabupaten Sorong Selatan yang ke-15, salah satunya adalah penggerakan masyarakat sebagai implementasi kampanye GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), yang dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2018. Kegiatan-kegiatan GERMAS berupa jalan santai yang mengambil start dari Pasar Kajase dan finish di Lapangan Trinity, dilanjutkan dengan senam pagi bersama dan pencanangan GERMAS Kabupaten Sorong Selatan oleh Bupati.

Dalam sambutan pencanangan, Bupati menyampaikan bahwa GERMAS merupakan hal penting yang perlu dilakukan masyarakat sebagai salah satu bentuk upaya dalam menurunkan angka prevalensi stunting, kejadian penyakit yang bersumber dari kondisi lingkungan yang buruk, kejadian penyakit tidak menular dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Agar gerakan ini bisa membudaya pada seluruh masyarakat, maka kita harus bersama-sama bergerak, melakukan suatu gerakan untuk hidup sehat. Gerakan ini diperkuat oleh Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2017, di mana diharapkan dapat melaksanakan penguatan paradigma pembangunan kesehatan dari kuratif-rehabilitatif menjadi promotif-preventif yang dilakukan melalui pendekatan multisektor.

Pelepasan balon sebagai tanda pencanangan GERMAS di Sorong Selatan

Pencanangan GERMAS ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Bupati Sorong Selatan yang menandakan bahwa Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Sorong Selatan berkomitmen melaksanakan GERMAS di Kabupaten Sorong Selatan.

Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) oleh murid-murid SD YPK Sion, Singguer

Penggerakan masyarakat sebagai implementasi kampanye GERMAS juga menampilkan demonstrasi CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) oleh murid-murid Sekolah Dasar YPK Sion Singguer binaan Puskesmas Wayer, yang kemudian diikuti oleh Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Wakapolres, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Daerah dan seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) serta masyarakat yang terlibat dalam kampanye GERMAS di Lapangan Trinity Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan.

Dalam kesempatan ini pula Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Wakapolres dan pimpinan OPD mengambil bagian dalam pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan tekanan darah, kadar cholesterol, asam urat dan gula darah sebagai salah satu bentuk implementasi GERMAS yaitu rutin cek kesehatan setiap enam bulan sekali. Kampanye GERMAS diakhiri dengan gerakan makan buah dan sayur bersama.

Antusias masyarakat dalam mengikuti kampanye GERMAS sangat besar. Hal ini terlihat sampai dengan penghujung kegiatan di mana masyarakat masih mengikuti undian door prize berupa 2 buah sepeda, 2 buah kipas angin dan berbagai hadiah menarik lainnya yang disediakan oleh Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat.


Create By. DoFeN

print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *