Satu Milestone Itu Telah Dicapai

“Yang dikejar adalah peningkatan mutu pelayanan. Dan akreditasi menjadi milestone terukur yang bisa mengevaluasi kemajuan upaya tersebut,” tegas dr. Eka Widrian Suradji, PhD, Direktur RSUD Teluk Bintuni, setahun yang lalu (klik Akreditasi RSUD Teluk Bintuni: Mengejar Peningkatan Mutu Pelayanan RS).

Setelah dinyatakan terakreditasi Perdana melalui program khusus pada tanggal 29 Juni 2016, RSUD Teluk Bintuni terus mengejar peningkatan mutu pelayanan. Selanjutnya, pada tahun 2017, RSUD Teluk Bintuni menyiapkan diri untuk mengikuti akreditasi RS program reguler. Setelah menjalani survei akreditasi RS oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) pada tanggal 11-13 Desember 2017 (klik 2017: Tahun Kebangkitan Akreditasi RS di Papua Barat), RSUD Teluk Bintuni dinyatakan terakreditasi Madya. Memang bintang lima belum diraih, tetapi jelas sudah ada peningkatan.

Dukungan dan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni, Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Bintuni dan RSUD Kabupaten Teluk Bintuni
Pelaksanaan Survei Terfokus RSUD Kabupaten Teluk Bintuni

Tahun 2018, dengan tekad untuk memenuhi standar akreditasi yang belum tercapai, jajaran manajemen, klinisi dan seluruh unsur RSUD Teluk Bintuni mempersiapkan remedial. Bukan usaha yang mudah tentunya. Pada tanggal 17-18 Juli 2018 dilaksanakan survei terfokus oleh KARS. “Survei terfokus terasa ketat sekali, khususnya pada bagian Pencegahan dan Pengendalian Infeksi,” kata dr. Eka.

Akhirnya pada hari ini tanggal 9 Agustus 2018, melalui website KARS diketahui bahwa RSUD Teluk Bintuni dinyatakan terakreditasi Paripurna. RSUD Teluk Bintuni menjadi RS pertama di Provinsi Papua Barat yang meraih bintang lima akreditasi RS. Memang hal ini tidak berarti suatu kesempurnaan tanpa kekurangan. Dalam ke-paripurnaan-nya masih ada yang perlu dibenahi. Tapi kebanggaan bersama akan pencapaian ini bukanlah sesuatu yang salah.

Surveior KARS sedang melakukan telusur di RSUD Kabupaten Teluk Bintuni

“Satu milestone besar telah tercapai. Tinggal bagaimana memantapkan sistemnya,” kata dr. Eka dengan penuh tekad.


Read by. DoVic -090818-

print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *