Lowongan Nakes Papua Barat Sehat

Dibuka Lowongan Nakes Program Papua Barat Sehat 2019

Pada tahun 2019, Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat akan menyelenggarakan program Papua Barat Sehat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas Terpencil atau Sangat Terpencil, khususnya di Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Kaimana dan Kabupaten Tambrauw Untuk itu, dibutuhkan sejumlah tenaga kesehatan dari jenis profesi tertentu, yaitu:

  1. Dokter umum.
  2. Perawat.
  3. Bidan.
  4. Tenaga kesehatan lingkungan.
  5. Ahli teknologi laboratorium medik.
  6. Tenaga gizi.
  7. Tenaga kefarmasian (apoteker).

Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan untuk program Papua Barat Sehat tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat membuka lowongan bagi tenaga kesehatan dari jenis profesi di atas, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Provinsi Papua Barat untuk perawat, bidan dan tenaga gizi. Sedangkan untuk dokter, tenaga kesehatan lingkungan, ahli teknologi laboratorium medik dan apoteker berdomisili di Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua. Domisili pelamar dibuktikan dengan 1 (lembar) fotokopi Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) atau Surat Keterangan Pengganti e-KTP dari lembaga yang berwenang.

  2. Pelamar berusia maksimal 35 (tiga puluh lima tahun) pada tahun 2019.

  3. Pelamar tidak berstatus kepegawaian sebagai Aparat Sipil Negara (ASN), baik PNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K). Bila pelamar sedang bekerja pada pihak swasta, pelamar bersedia melepaskan ikatan kerja dengan pihak tersebut selama menjalani penugasan. Status kepegawaian pelamar dinyatakan dengan Surat Pernyataan di atas kertas bermeterai 6000.

  4. Pelamar berpendidikan minimal diploma 3, kecuali untuk dokter dan apoteker minimal berpendidikan S1 profesi. Pendidikan pelamar dibuktikan dengan 1 (satu) lembar fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang relevan dengan jenis profesi dan 1 (satu) lembar fotokopi transkrip nilai yang keduanya telah dilegalisir.

  5. Pelamar telah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) profesi. Kepemilikan STR pelamar dibuktikan dengan 1 (satu) lembar fotokopi STR. Bagi pelamar yang STR-nya dalam proses (setelah melakukan pendaftaran on-line, baik yang baru maupun perpanjangan), harap melampirkan 1 (lembar) fotokopi Surat Bukti Registrasi (SBR) dari Majelis Tenaga Kesehatan Provinsi (MTKP).

  6. Pelamar diutamakan yang telah memiliki pengalaman kerja sesuai dengan jenis profesi. Bila ada, pengalaman kerja pelamar tersebut dibuktikan dengan 1 (satu) lembar fotokopi sertifikat, surat keterangan atau dokumen lainnya yang menerangkan pengalaman kerja tersebut.

  7. Pelamar bersedia ditempatkan dan menjalankan tugas yang diberikan Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat secara bertanggung jawab pada Puskesmas Terpencil atau Sangat Terpencil di wilayah Kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat. Kesediaan pelamar dinyatakan dengan Surat Pernyataan di atas kertas bermeterai 6000.

  8. Pelamar bersedia mengikuti proses pembekalan secara penuh di Manokwari dan menjalani penugasan sampai 31 Desember 2019 tanpa meninggalkan tempat tugas yang tidak seizin Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten penempatan. Kesediaan pelamar dinyatakan dengan Surat Pernyataan di atas kertas bermeterai 6000.

  9. Pelamar berbadan sehat (karena akan mengikuti pembekalan semi militer) yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari dokter di Puskesmas dan Rumah Sakit pemerintah.

  10. Pelamar wanita tidak dalam kondisi hamil dan bersedia untuk tidak hamil selama masa penugasan. Kondisi tidak hamil dinyatakan dengan surat keterangan dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit pemerintah. Kesediaan pelamar dinyatakan dengan Surat Pernyataan di atas kertas bermeterai 6000.

  11. Pelamar berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.

  12. Pelamar telah menjadi peserta jaminan kesehatan yang aktif. Kepesertaan pelamar dibuktikan dengan 1 (satu) lembar fotokopi Kartu Peserta jaminan kesehatan tertentu, misalnya JKN-KIS.

  13. Pelamar menyampaikan surat lamaran yang ditulis tangan di atas kertas bermeterai 6000 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat d/a Kompleks Kantor Gubernur Papua Barat Jl. Brigjen Marinir (Purn) Abraham O. Atuturi, Manokwari 98315, Papua Barat. Dalam surat lamaran harap dicantumkan nomor kontak dan alamat email yang aktif untuk menyampaikan hasil seleksi.

  14. Surat lamaran dan dokumen-dokumen di atas dimasukkan dalam amplop coklat tertutup dengan urutan dokumen mengikuti urutan di atas. Berkas lamaran dapat dikirim per pos atau diserahkan langsung. Pada sisi kiri atas amplop coklat, harap dituliskan jenis profesinya.

  15. Berkas lamaran selambat-lambatnya kami terima di tempat (bukan cap pos) pada hari Kamis tanggal 2 Mei 2019 pukul 12.00 WIT.

Terhadap berkas yang diterima akan dilakukan seleksi kelengkapan dan kesesuaian dengan ketentuan di atas. Dalam seleksi tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat akan mempertimbangkan proporsi tenaga kesehatan Orang Asli Papua (OAP) sebesar 80%.

Kepada pelamar yang diterima sebagai tenaga kesehatan program Papua Barat Sehat tahun 2019 akan diberitahukan secara tertulis dan mendapatkan hak-hak, di antaranya berupa:

  • Biaya transport lokal dan akomodasi untuk mengikuti pembekalan di Manokwari yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat. Apabila yang bersangkutan berdomisili di luar Manokwari, transportasi menuju Manokwari menjadi tanggungan yang bersangkutan.

  • Biaya transport dari Manokwari ke Kabupaten dan Puskesmas penempatan serta biaya transport dari tempat tugas kembali ke Manokwari.

  • Insentif setara dengan yang diterima oleh peserta Nusantara Sehat team based yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI.

  • Tempat tinggal di Puskesmas penempatan disediakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten penempatan.

Bagi calon pelamar yang berminat dapat menghubungi nomor WhatsApp:

  • 082245952772 (dr. Victor Eka Nugrahaputra, M.Kes)
  • 082238032889 (dr. Feny Mayana Paisey, M.Si.)
  • 081344165110 (dr. Nurmawati)
  • 081248184810 (Ida Bagus Windusara, S.Si., Apt.)

untuk mendapatkan contoh Surat Lamaran dan format-format Surat Pernyataan. Pada saat WhatsApp, calon pelamar menyebutkan (1) Nama, (2) Kabupaten/Kota Domisili dan (3) Jenis Profesi.

Demikianlah, pengumuman ini disampaikan secara terbuka untuk dapat diketahui. Terima kasih.

 

Manokwari, 23 April 2019

Cap / tertanda

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat

Download

Surat Pernyataan PBS

pengumuman PBS

Perpanjangan PBS

One comment

  1. Ass. Selamat malam. Mau tanya mengenai program ini apa memang sama sekali tidak diperuntukkan untuk pelamar yg berada di luar provinsi papua dan papua barat? Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *