Kenapa Baru Sekarang?

Hari ini, tanggal 19 Oktober 2018 adalah hari dimulainya survei verifikasi tahun pertama dalam program khusus akreditasi Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr. Azhar Zahir Manokwari. Setahun sudah predikat Terakreditasi Perdana disandang Rumah Sakit ini (klik 2017: Tahun Kebangkitan Akreditasi RS di Papua Barat). Sertifikat Akreditasi Bintang Satu dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) terpampang begitu membanggakan di lobi Rumah Sakit. Setiap klien yang memanfaatkan layanan Rumkital dr. Azhar Zahir Manokwari dapat berharap akan pelayanan kesehatan yang terstandar. Dalam dua hari ini surveior dari KARS, dr. Tumpal Simatupang, Sp.OG (K), akan memverifikasi dan menelusur perbaikan pelaksanaan standar di Rumah Sakit ini.

Para dokter dan dokter spesialis turut menyambut kedatangan surveior.

Kedatangan surveior disambut oleh Kafasharkan dan Karumkital serta segenap jajaran Rumkital dr. Azhar Zahir Manokwari, tidak terkecuali para dokter dan dokter spesialis. Setelah itu, barulah didendangkan yel-yel khas Angkatan Laut yang begitu menggelora menyambut surveior yang baru tiba pagi ini di Manokwari. Penyambutan surveior juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Kepala Seksi Jaminan dan Akreditasi Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari serta salah satu pejabat dari RSUD Manokwari.

Peragaan pelaksanaan Code Blue.

Dalam acara seremonial pembukaan survei verifikasi ini, surveior menekankan tentang pentingnya standar. “Standar itu penting. Standar itu harus dilaksanakan semuanya. Standar itulah yang membuat pelayanan di Rumah Sakit menjadi bermutu dan maju,” kata dr. Tumpal. “Pelaksanaan standar itulah yang menjadikan perumahsakitan di negara tetangga kita itu maju. Tidak usahlah membandingkan dengan Singapura, tetapi lihatlah perumahsakitan di Penang, di Kuching. Mereka sudah lebih maju dari Indonesia, karena mereka sudah melaksanakan standar sejak lama,” lanjut dokter yang pernah bertugas di Tanah Papua ini.

Surveior KARS, dr. Tumpal Simatupang, SpOG (K) bersama Karumkital dr. Azhar Zahir Manokwari, dr. Birril Qudsi, SpB.

“Tidak perlu lagi kita memperdebatkan kenapa baru sekarang kita melaksanakan standar. Memang kalau kita sudah melaksanakan standar sejak dulu, pastilah perumahsakitan Indonesia sudah maju. Yang penting mulailah dari sekarang melaksanakan semua standar,” lanjut dr. Tumpal. Beliau juga mendorong agar para dokter spesialis senior untuk mau melibatkan diri dalam akreditasi Rumah Sakit.

Proses telusur survei verifikasi oleh surveior

Kita tidak perlu lagi bertanya, “Kenapa baru sekarang?” Tetapi bertanyalah, “Kenapa saya tidak mulai dari sekarang?”

-DoVic 191018-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *