“Congrats … Papua Barat!”

“Congrats untuk Papua Barat. Bravo. Proficiat. Selamat!” Itu ucapan yang bisa disampaikan kepada Papua Barat atas pencapaian target minimal dalam kampanye imunisasi Measles Rubella. 95% telah terlampaui pada tanggal 26 September 2018. Papua Barat menjadi Provinsi pertama yang dapat mencapai target minimal itu.


Cakupan imunisasi Measles Rubella Provinsi Papua Barat telah melampaui target minimal 95% pada tanggal 26 September 2018. Sumber: Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat.

Pencapaian ini patut dibanggakan. Perjalanan mencapai angka 95% dalam seminggu terakhir cukup menarik perhatian. Dalam hati beberapa orang mungkin muncul pertanyaan dengan perasaan yang bercampur antara keyakinan dengan kekuatiran. Bisakah target minimal 95% dapat diraih oleh Papua Barat dalam sisa waktu yang tersedia? Akhirnya pertanyaan itu terjawab sudah kemarin (26 September 2018). “Congrats … Papua Barat. Bravo. Proficiat. Selamat!”

Perjalanan menuju pencapaian target minimal imunisasi Measles Rubella di Provinsi Papua Barat. Sumber: Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat.

Di tengah euforia pencapaian yang luar biasa ini, tampaknya ada yang sedikit mengganjal. Bagi beberapa orang, kegembiraan ini belumlah lengkap. Kenapa demikian? Karena pencapaian minimal 95% ini belum diraih oleh semua Kabupaten/Kota di Provinsi Papua Barat.  Masih ada 4 Kabupaten/Kota yang masih belum mencapainya, yaitu Kota Sorong, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Pegunungan Arfak dan Kabupaten Kaimana. Kenapa penting untuk target minimal ini juga bisa dicapai oleh empat Kabupaten/Kota tersebut? Silakan membaca pada tulisan sebelumnya di sini (klik Akankah Papua Barat Terlindungi dari Ancaman Measles-Rubella?).

Pada beberapa wilayah memang masih ada sejumlah tantangan, misalnya sulitnya sulitnya medan untuk menjangkau sasaran (klik Perjuangan Di Balik Kampanye Imunisasi Measles Rubella). Pada wilayah lain masih ada warga masyarakat yang ragu dengan kehalalan vaksin Measles Rubella, walaupun sudah mulai berkurang (klik Press Release: Kampanye Imunisasi Measles-Rubella (MR) di Provinsi Papua Barat).

Pesan yang hendak disampaikan dalam tulisan ini adalah hendaknya kegembiraan pencapaian target minimal di level Provinsi ini tidak sekali-kali melupakan atau meninggalkan empat Kabupaten/Kota yang belum mencapai target minimal. NO DISTRICTS LEFT BEHIND. Dalam sisa waktu yang tersisa, kita berharap tidak satupun Kabupaten/Kota tidak dapat mencapai target minimal, sehingga kekebalan komunitas atau herd immunity dapat melindungi masyarakat Papua Barat di manapun dia berada. Strateginya sekarang adalah memfokuskan segala sumber daya di Provinsi dan empat Kabupaten/Kota tadi untuk menjangkau sebanyak mungkin sasaran.

-DoVic 270918-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *