1 dari 50 Tokoh Itu, Gubernur Kita

Akhirnya buku itu terbit juga, setelah ditunggu sekian waktu. Mengapa saya tahu akan terbit buku itu? Karena memang sebelumnya ada penyampaian tertulis tentang akan dibuatnya buku itu dalam rangka 50 Tahun BPJS Kesehatan. Bukan hanya tahu, tetapi saya juga menjadi salah satu dari sedikit saksi mata (tidak lebih dari 7 orang) yang menyaksikan secara langsung proses wawancara yang menghasilkan ulasan yang kemudian dimuat dalam halaman 97-100 buku itu. Rabu, 6 Juni 2018, di salah satu ruangan di Swiss-belHotel Manokwari menjelang dilaksanakannya Media Gathering dan Konferensi Pers Universal Health Coverage (UHC), Dominggus Mandacan, Gubernur Papua Barat, diwawancarai oleh Tim Media dari BPJS Kesehatan.

Foto bersama pasca Konferensi Pers dengan awak media di Swiss-belHotel Manokwari (6 Juni 2018)

Pokok-pokok pikiran Dominggus Mandacan yang disarikan dari wawancara yang berlangsung sekitar 15-20 menit itu kemudian dituliskan menjadi bagian buku yang diberi judul “BPJS Kesehatan di Mata 50 Tokoh”.

Wow, 50 tokoh? Hanya 50 tokoh? Ya, hanya 50 tokoh terpilih yang diminta oleh BPJS Kesehatan untuk memberikan pandangannya pada momen spesial 50 Tahun BPJS Kesehatan (golden anniversary). Pandangan dari Dominggus Mandacan dikemas dalam tulisan yang diberi judul “Kewajiban Pemerintah Menjamin Warganya”. Tulisan ini berada dalam rangkaian tulisan secara berurutan dari tiga Gubernur lainnya yang berhasil membawa Provinsinya meraih UHC dan pada tanggal 23 Mei 2018 mendapat anugerah 2018 UHC JKN-KIS Award dari Presiden Republik Indonesia (klik UHC JKN-KIS Award 2018: dari Presiden RI untuk Papua Barat). Berturut-turut tulisan tersebut diberi judul “Tindakan Preventif Harus Lebih Dioptimalkan” (pandangan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, halaman 86-89), “Pandangan Gubernur DKI Jakarta” (Anies Baswedan, halaman 90-91) dan “Tetap Eksis, BPJS Kesehatan Butuh Dukungan Semua Pihak” (pandangan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, halaman 92-95).

Wow, Aceh-DKI Jakarta-Gorontalo-Papua Barat, dari Barat sampai ke Timur (klik Provinsi-Provinsi Penjaga Ujung Barat dan Timur NKRI, Beli Rambutan Aceh di Aceh), “dari Sabang sampai ke Merauke”, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mengutip komentar Ade Rai, Ambasador BPJS Kesehatan, yang tertera pada bagian sampul belakang: Buku ini menggambarkan perjalanan 50 Tahun BPJS Kesehatan, lembaga yang diamanatkan untuk menyelenggarakan Program JKN-KIS yang sangat mulia. Program ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk berbagi, menjadi pahlawan bagi sesama. Hanya cukup dengan menjadi peserta, membayar iuran dan menjaga kesehatan, kita sudah bisa memberikan kebaikan bagi banyak orang yang kebetulan terkena penyakit. Gubernur Papua Barat telah menjadi pahlawan bagi sesama dan telah memberikan kebaikan bagi banyak orang.

print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *